Sunday, January 19, 2014

Horizon-Horizon Tanah

Horizon tanah atau disebut juga lapisan tanah bisa kita lihat dengan membuat profil tanah. Profil tanah itu sendiri dapat dibuat dengan menggali tanah yang ukurannya sekitar satu meter persegi sampai kedalaman tertentu,sesuai ketebalan tanah dan tingkat kebutuhan analisis yang akan dilakukan.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kesuburan,porositas,kelembapan,serta kandungan mineral unsur hara. Horizon tanah akan memberikan gambarkan jelas mengenai kondisi fisika dan kimia tanah tersebut dengan melihat struktur yang terdapat di dalamnya. intinya,ada lima horizon tanah utama pada suatu tanah yang dilihat dari profil tanah.

              Horizon Tanah


  1. Horizon O
     Lapisan ini adalah lapisan organik dengan ketebalan hanya beberapa senimeter dari permukaan. Lapisan organik ini sangat kaya akan humus yang dapat menyuburkan tanah. Horizon tanah ini mempunyai ciri khas,yaitu sebagai berikut.

  • Memiliki warna gelap, dari cokelat sampai kehitam-hitaman.
  • Terdiri dari sisa-sisa makhluk hidup,seperti daun yang telah membusuk atau ranting-ranting.
      2. Horizon A
  Lapisan ini merupakan laisan tanah bagian atas atau disebut juga top soil. Memiliki rata-rata ketebalan antara 20-35cm. Horizon A masih relatif subur jika dibandingkan dengan lapisan-lapisan lain yang ebrada di bawahnya.
   Horizon A ini sering juga dinamakan zona eluviasi, yaitu wilayah pencucian partikel-partikel tanah oleh hujan. Terutama,partikel liat yang butirannya sangat halus dan partikel debu.

      3. Horizon B

    Horizon B sering di sebut subsoil. Merupakan lapisan zone iluviasi yaitu temoat pengendapan partikel tanah yang mengalami pencucian dan terlarut dalam air dari Horizon A. Lapisan subsoil ini ditandai oleh warnanya yang terang.
    Hal ini disebabkan karena Horizon ini bahan-bahan organiknya sangat kurang. Bahkan, tidak ada. Itulah sebabnya negapa Horizon B ini merupakan lapisan tanah yang rendah tingkat kesuburannya.

      4.Horizon C

     Lapisan ini disebut juga zone regolit ,yaitu lapisan batuan dasar yang sudah mulai mengalami proses penghancuran dan pelapukan. Lapisan ini sudah tidak memiliki kesuburan lagi karena melalui proses pelapukan.

      5.Horizon D

     Ini adalah lapisan dasar dari horizon tanah. Terdiri dari lapisan batuan dasar yang masih pejal dan utuh karena belum mengalami proses-proses pelapukan sama sekali. Lapisan ini tentunya tidak memiliki kesuburan karena dari segi struktur masih merupakan benda padat yang tidak memiliki badan organik sedikit pun. Batuannnya masih keras dan berbentuk padat.

      6.Bedrock
Lapisan batuan ini merupakan bentuk batuan pejal yang belum mengalami proses pemecahan. Lapisan ini terletak di lapisan paling bawah, sehingga jarang dijumpai manusia. Akan tetapi di pegunungan lipatan atau patahan, lapisan ini terkadang tersingkap dan berada di lapisan atas. Bila hal ini terjadi, maka lahan tersebut merupakan lahan yang tandus dan tidak dapat ditanami karena masih merupakan lapisan batuan.

No comments:

Post a Comment